Selamatan 40 Hari Lahirnya Anak Kami ( Moh. Asyrofil Kholil )

Keutamaan Aqiqah, Selamatan 40 Hari Lahirnya Anak Kami, Moh. Asyrofil Kholil
Sebagian Sate Untuk Undangan
Kebiasaan di daerah tempat kami tinggal ada istilah Selamatan 40 Hari Lahirnya seorang anak dan Pada Waktu itulah Aqiqah disembelih, Jika pada umumnya Aqiqah disembelih Pada Hari Ketujuh Tidak dengan di daerah kami. tapi disembelih pada Selamatan 40 Hari dari Kelahiran Sang Bayi.

Sebenarnya diadakannya Selamatan 40 Hari Kelahiran tersebut membuat kami merasa ringan dan kami memiliki banyak waktu dalam mencari Kambing untuk disembelih buat aqiqah. Bagi kami untuk mendapatkan Kambing itu sangat sulit apalagi Anak Pertama Kami berjenis Kelamin Laki-laki. Sudah menjadi keharusan bagi kami untuk mebelikannya Dua (2) Kambing.

Dalam Pelaksanaan Aqiqah di Daerah Kami tidaklah sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Rasulullah akan tetapi Hal itu Insyaallah tidak berdosa.

Pelaksanaan Aqiqah hendaknya dilakukan pada hari ketujuh. Dalam pelaksanaan itu, orang tua diperintahkan menggunduli rambut bayi dan memberi nama yang baik, sebagaimana disabdakan Rasulullah saw.,
كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْـنَـةٌ بِـعَـقِـيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَـنْـهُ يَـوْمَ سَابِـعِـهِ وَيُـسَـمَّى فِيْـهِ وَيُـحْلَـقُ رَأْسُـهُ
“Setiap anak yang lahir tergadai aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu ia diberi nama dan digunduli rambutnya.” (Hadits Sahih Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Baihaqi dan Hakim).

Hadits lain tentang Aqiqah adalah:
قَلَتْ عَائِـشَةُ : عَقَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْحَـسَـنِ وَالْـحُسَيْنِ يَوْمَ السَابِـعِ
Aisyah berkata, “Rasulullah Saw pernah beraqiqah untuk Hasan dan Husein pada hari ketujuh…” (HR. Ibnu Hibban, Hakim dan Baihaqi)

Nah Jika kami harus melakukkannya pada hari ke 7 kami tidak mampu sehingga kami mengikuti tradisi di lingkungan kami dengan Menyembilih Aqiqah pada hari ke 40. Islam selalu penuh dengan toleransi, sehingga dari berbagai pertimbangan juga boleh.
Title : Selamatan 40 Hari Lahirnya Anak Kami ( Moh. Asyrofil Kholil )
Description : Sebagian Sate Untuk Undangan Kebiasaan di daerah tempat kami tinggal ada istilah Selamatan 40 Hari Lahirnya seorang anak dan Pada Wakt...

0 Response to "Selamatan 40 Hari Lahirnya Anak Kami ( Moh. Asyrofil Kholil )"

Posting Komentar